Printer Infus masuk angin

Beberapa kali printer di kantor yang menggunakan sistem infus masuk angin alias di selang saluran tinta ada udara. Akibatnya saat mencetak bisa muncul garis-garis, atau bahkan warna yang ada udaranya tersebut tidak keluar. Sudah gitu kalau kita bawa ke tempat infus pasti jawabannya, wah itu pasti divacum dulu pak.

Bisa nggak dilakuin sendiri? Ga bisa pak!

Ah, masa sih cuma ngilangin masuk angin aja repot banget.

Akhirnya memberanikan diri saja melepas catridge dari printer:

  1. Lepas ujung selang yang menancap pada cartridge yang masuk angin.
  2. Sedot menggunakan suntikan. Lah, kok cuma maju sedikit tintanya. buka karet penutup udara pada botol infus dan coba sedot lagi sampai tinta penuh di selang dan tidak ada rongga udara.
  3. Jepit selang dengan penjepit agar saat dipindah-pindah tinta tidak ada yang keluar atau muncul rongga udara lagi.
  4. Pasang kembali ujung selang ke cartridge dan pasang kembali cartridge ke tempatnya.
  5. Lepas jepitan selang, buka tutup udara dan lakukan testing.
  6. Harusnya sudah bisa   Jika masih problem, mungkin memang saatnya silahturahmi ke tukang infus lagi

4 Responses to “Printer Infus masuk angin”

  1. adams Says:

    saat membaca artikel diatas..aku baru selesai meng infus epson c45 , selesai kerja aku langsung ke toko membeli tinta untuk c45 ku, tadinya aku ingin memcoba bagaimana cara memasang infus pada printer.Kumasukan tinta pake suntikan ke tabung masing2 warna, selesai.pada saat aku test print, apa yang kulihat tinta mengalir dengan deras dari selang masuk ke catrid..masuk ke printer…apa yang salah dengan pemasangan infus yang aku lakukan…

  2. adams Says:

    THANK infonya….

  3. sisw Says:

    adams,
    kebanyakan tinta yang disuntikan kali bos… jadinya luber. Masukin tintanya gimana, pake jarum suntik ato tanpa jarum suntik.. Jangan2 kekencengan masukinnya… terus udara juga ke pompa masuk jadinya luber deh…
    Resiko otak-atik emang gitu bos… kadang tidak sesuai harapan… tapi kalo berhasil, ada kepuasan tersendiri yang tidak bisa di ungkapin dengan kata2…

  4. usin Says:

    wah harus silahturahmi ni ke tukang infus……….

Leave a Reply